Terjemah Ihya Ulumuddin Bab: Unsu, Khauf Dan Syauq Unsu (merasakan nyaman dengan Allah), khauf (takut) dan khauf (rindu) adalah dampak dari mahabbah. Umat muslim di china Definisi Unsu (merasakan nyaman dengan Allah), khauf (takut) dan khauf (rindu) adalah dampak dari mahabbah. Hanya saja berselisih sesuai pandangan dan kekuatannya di satu waktu. Artinya, jika seseorang berhati kuat untuk melihat hal gaib di belakang tabir dan merasa tidak mampu menembus Dzat Maha Agung maka hatinya tergerak dan bangkit untuk mencarinya maka disebut syauq (rindu bertemu Allah). Sedang, jika di samping merasakan hal tadi, ia juga merasa sangat senang dekat dan menyaksikan kehadiran Dzat yang tampak tapi tidak perlu menelusuri sejati-Nya maka rasa gembira ini disebut unsu. Adapun jika ia merasa sakit hati ketika menyadari bahwa sifat-sifat ini bisa saja hilang dan bisa jauh dari-Nya maka disebut khauf. Barang siapa sudah kuat rasa unsunya maka dia hanya ingin menyendiri dan berkhalwat. Sebagaimana cerita bahwa Ibrahim bin Adham turun gunung. Lalu ditanya, “Dari mana saja kamu?”. Ia menjawab, “Dari unsu billah.” Sebab unsu billah itu akan diikuti rasa sedih dengan selain-Nya. Bahkan, jika unsu sudah kuat ia akan sangat berat hatinya untuk melakukan hal yang mencegah khalwat. Sebagaimana diriwayatkan, ketika Musa as. sudah berbicara dengan Allah, ia berdiam diri selama beberapa waktu. Ia tidak mendengar perkataan seseorang pun kecuali ia merasakan mual karena cinta menyebabkan indahnya perkataan si doi dan ingin selalu menyebutnya. Sehingga hati merasa muak dengan yang lain. Pengalaman Ulama Oleh karena itu sebagian pakar hikmah berdoa, “Wahai Dzat yang menanamkan unsu dan membuat gelisah saat mengingat makhluk.” Allah berfirman kepada Dawud, “Rindulah pada-Ku, nyaman dengan-Ku, dan gelisah dengan selain Aku.” Rabi’ah ditanya, “Bagaimana kamu mendapat posisi wali ini?” dia menjawab, “Karena aku meninggalkan hal yang tidak berfaidah dan aku merasa nyaman bersama Dzat yang tidak pernah sirna.” Tanda-Tanda Unsu Jika kamu bertanya, “Apa tanda-tanda unsu?” Maka ketahuilah, tanda khususnya adalah hati merasa susah berinteraksi dengan sesama, jenuh bersama mereka, dan selalu merasakan enak berzikir. Andai dia terpaksa bersama, ia seakan sendiri dalam kebersamaan, bersama dalam kesendirian, asing saat jamaah, hadir saat pergi dan pergi saat hadir, bersama dalam tubuh dan sendiri dalam hati, selalu merasakan nikmat berzikir. Sebagaimana yang dikatakan Imam Ali, “Mereka adalah kaum yang mendapat ilmu hakiki. Mereka merengkuh ruh keyakinan, tenang, dan nyaman dengan kegelisahan. Mereka bersama dunia dalam jasad tapi jiwanya di tempat tinggi. Merekalah khalifah Allah di bumi dan dai-Nya.” Permisalan Unsu Ada sebagian ahli kalam yang mengingkari unsu, syauq dan hubb. Ia menduga semua itu menyerupakan Allah dengan hawâdits. Ia tidak tahu keindahan mata hati itu lebih sempurna ketimbang mata kepala. Orang yang hanya tahu kulit depan agama dan menduga yang wujud hanya kulit. Ibarat seseorang yang tidak bisa mengupas kelapa akan menduga semua kelapa adalah kulit dan tidak mungkin menghasilkan minyak sama sekali. Hasil dari Unsu Ketahuilah! Jika unsu terus menerus ada, mengakar kuat sekali dan tidak dihalangi oleh derita syauq atau khauf maka dia bisa berbuah semacam inbisâth aqwâl wa af’âl (suka berkata, etika dan munajat dengan-Nya, atau mudahnya dia akan menjadi genit dengan Allah, merengek, meminta dan kadang hal yang tidak masuk akal). Misalnya adalah Barakh al-Aswad. Suatu hari, Musa as. berdoa kepada Allah agar mengentas kemiskinan dan kemarau panjang selama tujuh tahun serta memberi hujan untuk tujuh puluh ribu manusia. Allah swt. memberi wahyu, “Bagaimana aku mengabulkan, mereka sendiri berbuat dzalim. Mereka berdoa tanpa keyakinan, merasa aman dengan makarKu. Pergilah ke Barakh. Katakan agar dia keluar sehingga aku mengabulkan doanya. Saat Musa as. menyusuri jalan, ia bertemu hamba hitam legam yang ada bekas sujud di antara kedua keningnya dengan membawa lilin yang ia ikat di lehernya. Musa mengenal dengan pertolongan Allah dan mengucapkan salam. Ia bertanya, “Siapa namamu?” “Aku Barakh,” jawabnya. “Kalau begitu, kamulah yang aku cari. Berdoalah kepada Allah,” kata Musa. Ia keluar dan berdoa, “Wahai Allah, kemiskinan ini tidaklah perbuatan-Mu dan sifat santun-Mu. Apa yang terjadi pada-Mu, apakah mata-Mu tidak melihat, kerajaan-Mu habis, atau sangat marah kepada hamba yang berdosa? Bukankan Engkau Maha Pengampun dan menyuruh berbuat baik? Kamu tidak mau atau takut mereka tidak menyembah hingga Kamu menghukum.” Ia belum selesai berdoa hingga Bani Israil mendapat air hujan yang banyak dan Allah menumbuhkan rumput di tengah hari. Ketika Barakh kembali, Musa bertanya, “Bagaimana menurutmu ketika engkau mendemo Allah?” Allah berfirman, “Sungguh, Barakh membuatku tertawa tiga kali sehari.” Ini semua adalah sifat orang-orang yang mendapat unsu, dan tidak boleh dilakukan yang lain. Al-Junaid berkata, “Orang-orang unsu itu berkata sesuatu yang menjadikan kafir menurut masyarakat awam.” Orang unsu Mendapat Keistimewaan Jangan kamu anggap mustahil jika Allah memberlakukan istimewa bagi mereka atas orang lain karena makam yang berbeda. Misalnya saja, Adam dan Iblis yang sama-sama maksiat. Iblis dihukum sementara Adam diterima taubatnya. Begitu juga dengan inbisâth (merayu dan kegenitan), kadang dimiliki sebagian orang bukan yang lain. Misalnya, Musa as. berani memberi alasan ketika ditanya akan pengangkatan Harun dan takut menghadapi Fir’aun. Ia menjawab, قَالَا رَبَّنَا إِنَّنَا نَخَافُ أَنْ يَفْرُطَ عَلَيْنَا أَوْ أَنْ يَطْغَى (45) قَالَ لَا تَخَافَا إِنَّنِي مَعَكُمَا أَسْمَعُ وَأَرَى “Mereka berdua berkata, “Wahai Allah, kami khawatir Firaun berbuat salah atau lalim kepada kami.” Dia menjawab, “Jangan takut kalian, sungguh Aku bersama kalian, Aku bisa mendengar dan melihat.” (QS. Thâha [20]: 43) Sebab orang yang mempunyai unsu akan merayu dan merengek. Padahal Allah swt. tidak menerima argumentasi Yunus as. saat marah sehingga Dia menghukumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Khasiat Fadhilat (Isnad) Doa Haikal - Majmu' Syarif

Remembrance - Zikr